5 Tips Kurangi Sampah Plastik Mulai dari Diri Sendiri, Salah Satunya Penggunaan Tumbler untuk Aktivitas Sehari-hari

sumber foto: pexels cottonbro studio

Salah satu masalah yang masih juga dibincangkan dan menjadi permasalah yaitu semakin meningkatnya sampah plastik. Jenis sampah yang cukup lama terurai ini membuat banyak permasalah lain. Mulai dari menumpuknya sampah di laut, mencemari lingkungan dan mengancam kesehatan.

Tentu sudah banyak upaya yang telah diberikan oleh pemerintah maupun badan non pemerintah yang ikut serta membantu mengurangi sampah. Mulai dari membentuk gerakan pengurangan sampah plastik, membuat kebijakan penggunaan kantong bukan plastik dan lainnya.

Akan tetapi, sampah plastik masih juga menjadi PR bagi pemerintah bahkan kita semua. Oleh sebab itu, gerakan pengurangan sampah plastik harus terus dilakukan dan dimulai dari diri sendiri.




Pada ulasan kali ini akan dibahas beberapa tips mengurangi sampah plastik yang bisa dimulai dari diri sendiri.

5 Tips Kurangi Sampah Plastik Mulai dari Diri Sendiri di Kehidupan Sehari -hari

Simak beberapa tips mengurangi sampah plastik yang bisa dilakukan oleh diri sendiri yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari- hari berikut ini:

  1. Kurangi Pemakaian Plastik Sekali Pakai

Urutan pertama tips mengurangi sampah plastik yaitu dengan melakukan pengurangan penggunaan sampah plastik sekali pakai. Dalam kehidupan sehari-hari biasanya kita menggunakan botol plastik,sedotan dan juga kantong plastik.

Untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai kamu bisa menggantinya dengan memakai gelas kaca, sedotan yang bisa digunakan berulang kali, dan kantong berbahan kain atau kanvas.

  1. Mendaur Ulang Plastik

Penggunaan sampah plastik memanglah suatu hal yang sulit untuk dihindari, apalagi sebagian produk menggunakan kemasan yang terbuat dari plastik. Tentu hal ini bisa kita kurangi dengan cara mendaur ulang plastik.

  1. Gunakan Botol Minum

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk ikut mengurangi sampah plastik yaitu dengan cara menggunakan botol minum. Seringkali penggunaan botol plastik digunakan sekali pakai kemudian dibuang yang menyebabkan semakin menumpuknya sampah plastik.

Akan tetapi, dengan cara menggunakan botol minum, kamu bisa menggunakan berulang kali. Kamu bisa mengisi ulang tanpa langsung membuangnya. Tentu alternatif ini sangat membantu dalam pengurangan sampah plastik.

  1. Gunakan Tumbler

Selain penggunaan botol minuman, menggunakan tumbler saat beraktivitas juga sangat membantu dalam pengurangan sampah plastik sekali pakai. Kamu bisa membawanya saat pergi ke cafe atau tempat lain yang nantinya bisa menggantikan gelas plastik atau cup sekali pakai.

Tidak hanya itu saja, penggunaan tumbler juga sangat bermanfaat dan menguntungkan, salah satunya yaitu bisa menjaga suhu pada minuman baik itu hangat atau dingin. Tidak hanya menghemat tapi kamu juga bisa lebih menikmati minuman dengan suhu yang tetap terjaga.

  1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Tips terakhir yang tidak kalah penting untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi dampak dari pembuangan sampah sembarangan inilah yang membuat ekosistem semakin tercemar dan rusak.

Oleh sebab itu, larangan buang sampah pada tempatnya sangat ditekankan di berbagai tempat karena hal ini salah satu upaya sederhana masyarakat agar bisa menjaga lingkungan lebih baik jauh dari pencemaran dan pasti bentuk pengurangan sampah plastik.


Nah demikian tips pengurangan sampah plastik untuk diri sendiri yang bisa kamu terapkan di kehidupan. Yuk kurangi sampah plastik salah satunya dengan menggunakan tumbler. Untuk pembelian dan pemilihan berbagai jenis tumbler, kamu bisa cek di toko aguscustom sekarang juga.***