Beginilah Akibat Apabila Kekurangan Minum Air Putih Bagi Tubuh

sumber foto: engin-akyurt_ unsplash.com

Mengkonsumsi air putih adalah salah satu kebutuhan yang umum dan sangat penting diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih bisa membantu tubuh lebih optimal karena menambah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi air putih yang cukup perlu dilakukan agar tubuh tidak mengalami masalah yang tidak diinginkan. Ada beberapa akibat yang bisa terjadi dalam tubuh karena kurangnya minum air putih.

Untuk itu, berikut ini akan dibagikan beberapa akibat yang akan terjadi dalam tubuh apabila kekurangan minum air putih.




Akibat Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh

Simak beberapa akibat yang bisa terjadi jika kurang minum air putih yang bisa kamu ketahui dan perlu diwaspadai berikut ini:

  1. Memicu Kurangnya  Daya Tahan Tubuh

Air putih adalah cairan yang mempunyai banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau metabolisme. Hal ini dapat dilihat dari produksi air liur dan air mata yang ada hal ini dapat meminimalisir masuknya benda asing.

Selain itu, air putih  juga dapat membantu mengeluarkan racun dan zat yang ada dari dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu juga harus menghindari kebiasaan tidak minum jika memang sedang tidak haus.

  1. Bisa Menurunkan Kinerja Tubuh

Tubuh yang kuat dan semangat bisa menjadi penyebab beraktivitas dengan baik karena tubuh terbukti akan lebih sehat. Akan tetapi, apabila kamu tidak memenuhi kebutuhan khususnya cairan dalam tubuh dengan baik salah satunya yaitu kurang minum air putih hal ini bisa memicu kurangnya pada kinerja tubuh menjadi lemah.

Nantinya tubuh akan lebih mudah terasa capek, lelah, mengantuk walaupun sudah tidur dengan cukup, dan sulit bisa berkonsentrasi. Tentu hal ini dapat mengganggu semua aktivitas yang seharusnya dilakukan sepanjang hari.

  1. Bisa Terjadi Dehidrasi

Selanjutnya akibat kurang minum air putih yaitu bisa memicu terjadinya dehidrasi. Tanpa disadari, ketika kita malas minum maka tubuh bisa menunjukkan beberapa tanda-tanda yang lumayan signifikan. Umumnya hal ini terlihat dari ciri-ciri kulit pada tubuh yang terlihat kering, pecah-pecah, dan kasar. Selain itu, penyebab kurang minum air putih lainnya bisa dirasakan dari bibir kering.

  1. Faktor penghambat Pemulihan Tubuh

Ketika tubuh mengalami sakit, ia mampu memulihkan diri dengan cepat. Dalam hal ini air putih mempunyai peran yang baik untuk menghilangkan zat racun dalam tubuh sehingga, bisa membantu mempercepat proses tersebut supaya lebih maksimal dan tubuh bisa bekerja dengan stabil memulihkan kondisi badan dari gangguan penyakit.

  1. Bisa Mengganggu Kinerja Otot dan Sendi

Kekurangan air putih dalam tubuh bisa berakibat kurang baik pada kesehatan sendi dan otot. Hal ini karena cairan akan membantu melumasi sendi supaya kamu bisa beraktivitas dengan baik tanpa menimbulkan cedera karena sendi yang kaku.

Pada dasarnya, tubuh tetap harus dipenuhi kebutuhan airnya supaya tidak terjadi dehidrasi dan berbagai masalah lainnya. Untuk itu, tubuh akan lebih siap menghadapi kondisi cuaca apapun dan beragam ancaman penyakit kapan saja.


Itulah beberapa dampak atau akibat apabila kekurangan minum air putih bagi tubuh. Salah satu cara untuk bisa menghindari kekurangan minum air putih yaitu dengan membuat jadwal atau bisa juga dengan selalu membawa minum air putih kemanapun. Nah untuk membawa minum air putih dengan praktis kamu bisa menggunakan tumbler.

Kamu bisa menemukan berbagai macam tumbler di toko aguscustom. Yuk coba cek dan pesan tumbler untuk mencegah akibat buruk pada tubuh kekurangan minum air putih.***