Beginilah Cara Mengatasi Pengurangan Sampah Botol Plastik, Salah Satunya Menggunakan Tumbler untuk Tempat Minum

sumber foto: pexels-steve-johnson

Salah satu fenomena yang sudah tidak asing lagi ditemukan di masyarakat yaitu banyaknya sampah botol plastik yang ada. Tentu ini menjadi salah satu penyebab tercemarnya lingkungan dan mengganggu kesehatan.

Banyak upaya dan cara yang telah dilakukan baik dari pihak pemerintah, daerah bahkan masyarakat. Selain itu banyak juga gerakan-gerakan yang dibentuk untuk khusus mengurangi adanya sampah plastik tersebut.

Tentu semua upaya akan berhasil apabila dilakukan secara bersama-sama, dengan cara mulai dari kesadaran diri sendiri. Untuk itu sebagai masyarakat yang baik tentunya kita harus mulai sadar akan fenomena yang terjadi ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengurangan sampah botol plastik yang bisa dilakukan diri sendiri. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan mengulas beberapa cara mengatasi pengurangan sampah khususnya botol plastik.




Cara Mengatasi Pengurangan Sampah Botol Plastik

Simak beberapa cara mengatasi pengurangan sampah botol plastik berikut ini yang bisa kamu lakukan mulai dari diri sendiri:

  1. Membawa Tas atau Kantong Belanja dari Rumah

Cara pertama untuk mengatasi pengurangan sampah plastik yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membawa tas atau kantong belanja dari rumah. Walaupun menggunakan kantong plastik terbilang simpel dan praktis, akan tetapi hal ini yang membuat lingkungan tercemar karena sampah yang tidak mudah terurai.

Penggunaan kantong belanja dari rumah merupakan bentuk kecil diri sendiri untuk mengurangi sampah plastik yang tentu dampaknya sangat bisa terasa. Jadi jangan sampai karena alasan ribet kamu menyepelekan hal ini ya.

  1. Membawa Tumbler atau Botol Minum

Apabila kamu seseorang yang sering beraktivitas di luar tentu rasa haus tidak bisa dihindari, tentu salah satu solusinya dengan membeli air botol minum sekali pakai. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sampah plastik yang semakin banyak.

Oleh sebab itu, dengan membawa tumbler atau botol minum dari rumah, kamu bisa minum tanpa perlu membeli air botol minum sekali pakai. Tidak hanya sebagai bentuk pengurangan sampah botol plastik saja, dengan membawa tumbler kamu juga akan lebih hemat.

  1. Tidak Memakai Sedotan Bahan Plastik

Cara ketiga yaitu dengan mengganti sedotan plastik dengan sedotan bambu atau kertas ramah lingkungan. Mungkin sedotan dengan bahan plastik terlihat remeh dan tidak begitu berdampak pada lingkungan. Akan tetapi, bayangkan jika semua orang berpikiran seperti itu pastinya sedotan sampah plastik bisa menjadi penyumbang sampah yang cukup banyak.

  1. Hindari Membeli Makanan dan Minuman dengan Kemasan Plastik

Mungkin cara ini agak sedikit sulit pasalnya kebanyakan makanan atau minuman umumnya menggunakan kemasan plastik. Tentu tidak semua makanan dan minuman kini menggunakan kemasan plastik, jadi sebisa mungkin hindari atau kurangi membeli makanan dan minuman dengan kemasan plastik.

  1. Mendaur Ulang Sampah Plastik

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan mendaur ulang. Memang tidak semua sampah bisa didaur ulang, akan tetapi ada beberapa sampah seperti botol minuman, pot dan lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat untuk kebutuhan.


Nah itulah beberapa cara mengatasi pengurangan botol sampah plastik yang bisa kamu lakukan mulai dari sendiri. Salah satu cara yang sedang populer yaitu dengan membawa tumbler, apalagi kini tumbler hadir dengan berbagai macam varian desain. Yuk lakukan caranya dengan memulai menggunakan tumbler yang bisa kamu beli di toko aguscustom.

Banyak pilihan desain, ukuran dan harga yang cocok untuk dijadikan tempat minum yang menarik dan unik. Yuk langsung cek di toko aguscustom sekarang juga.***