Bukan Menggunakan Air Keran, Beginilah Cara Mencuci Botol Tumbler yang Tepat

sumber foto: pixabay

Penggunaan tumbler kini sudah diterapkan pada masyarakat karena dengan menggunakan botol minum ini membuat aktivitas menjadi lebih dimudahkan. Tidak hanya itu saja dengan menggunakan tumbler juga bisa menjadi salah satu tips mengubah pola hidup lebih sehat.

Karena dengan menggunakan tumbler kita bisa lebih yakin dengan kebersihan bekal yang kita akan minum, jadi kekhawatiran kesehatan akan lebih terjamin. Akan tetapi penggunaan tumbler juga harus diimbangi dengan mencuci tumbler yang benar dan tepat.

Untuk itu kamu bisa menyimak cara mencuci botol tumbler berikut ini yang akan dibagikan dan bisa menjadi bahan referensi mencuci tumbler dengan baik.




Cara Mencuci Tumbler yang Tepat

Kebiasaan orang mencuci tumbler terkadang hanya cukup menggunakan air kran, padahal ada cara lain yang lebih efektif dan tepat untuk dilakukan, berikut ini caranya:

  1. Membuka semua bagian Tumbler

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencuci tumbler yaitu dengan memastikan membuka setiap bagian tumbler. Termasuk sedotan yang biasanya ada pada bagian botol tumbler.

Kemudian basahi semua bagian botol menggunakan air dan tambahkan sabun. Untuk bagian noda yang menempel bisa gunakan brush atau busa yang khusus saat mencucinya.

Pastikan semua bagian sudah basah sebelum ditambahkan dengan sabun, gosok sampai noda hilang.

  1. Memanfaatkan baking soda

Cara kedua yang bisa kamu lakukan saat mencuci tumbler dengan tepat yaitu dengan memanfaatkan baking soda. Apabia noda pada tumbler belum bisa hilang menggunakan sabun, kamu bisa gunakan baking soda untuk membantu menghilangkan baking soda.

Caranya kamu bisa dengan melarutkan terlebih dahulu baking soda ke dalam air kemudian baru bisa digosokkan ke noda pada tumbler tersebut.

Kalau sabun pencuci piring masih belum ampuh, bisa juga menggunakan baking soda yang dilarutkan terlebih dulu ke dalam air baru digosokkan ke noda.

Pastikan aplikasikan ke semua bagian noda agar bisa bersih secara maksimal. Tidak ada batasan untuk menggosok atau mencucinya, lakukan sampai semua noda benar-benar hilang agar tumbler bisa digunakan lagi dalam keadaan bersih.

  1. Dianjurkan menggunakan air panas

Selanjutnya kamu bisa gunakan air panas untuk membilas tumbler, hal ini bertujuan agar bakteri tidak mudah berkembang biak. Karena dengan menggunakan air panas akan memudahkan membunuh bakteri yang ada pada tumbler.

Pastikan juga air panas tersebut benar-benar masak dengan matang agar bisa secara maksimal menghentikan berkembang biaknya bakteri dalam botol minum tersebut.

  1. Keringkan Botol Tumbler

Cara terakhir mencuci tumbler yang tepat yaitu mengeringkan botol tumbler yang telah dicuci. Biasanya langkah ini sering orang lewatkan  dan dianggap remeh, padahal mengeringkan tumbler yang telah dicuci salah satu langkah penting agar bakteri tidak berkembang biak.

Untuk itu pastikan kamu mengeringkan tumbler terlebih dahulu menggunakan kain dan botol minum sebelum kembali dipakai atau disimpan dalam keadaan bersih dan layak dipakai.


Demikian cara mencuci tumbler yang bisa kamu lakukan dengan tepat dan bisa dicoba di rumah. Nah untuk kamu yang suka bingung memilih tumbler karena desain dan tampilan yang membosankan, yuk coba intip dan mampir toko aguscustom. Banyak pilihan desain bahkan kamu bisa custom dengan tulisan, logo atau gambar sesuai pilihan. Yuk langsung cek dan pesan tumbler pilihan mu di toko aguscustom sekarang juga.***