Inilah Bahaya Menggunakan Botol Plastik Bagi Kesehatan

sumber foto: nick fewings_ unsplash.com

Salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi tubuh pada manusia yaitu cairan yang cukup. Dengan minimal 8 gelas minum air putih adalah salah satu solusi untuk kita menjaga tubuh agar tetap mendapatkan cairan yang cukup.

Banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk memenuhi kebutuhan tubuh ini, yaitu bisa dengan membawa tumbler di setiap aktivitas atau dengan membeli air mineral botol sekali pakai atau cara lainnya.

Sayangnya, kebanyakan orang lebih memilih membeli botol air mineral sekali pakai, walaupun hal ini cara paling praktis, akan tetapi ada beberapa dampak negatif baik untuk kesehatan tubuh maupun lingkungan sekitar.

Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa bahaya menggunakan botol plastik bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu waspadai dan ketahui.




Bahaya Menggunakan Botol Plastik

Banyak bahaya yang perlu kamu waspadai saat menggunakan botol plastik, berikut ini bahayanya:

  1. Adanya Partikel plastik

Bahaya pertama yang bisa terjadi pada botol plastik yaitu adanya partikel plastik. Menurut hasil penelitian botol plastik di seluruh dunia memiliki partikel mikroplastik.

Sedangkan berdasarkan data dari Center for International Environmental Law, plastik memiliki bahaya yang berbeda pada kesehatan manusia dengan tahap hidupnya. Bahaya mikroplastik bisa menyebabkan beberapa penyakit atau gangguan kesehatan mulai dari kardiovaskular sampai dengan kanker dan autoimun.

  1. Dapat terkontaminasi bakteri E.Coli

Botol plastik berpotensi memiliki dan menyimpan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Kemungkinan besar, bakteri tersebut bisa berasal dari kontaminasi ketika penanganan contohnya seperti saat kamu melakukan isi ulang kembali botol plastik.

Oleh sebab itu, solusinya kamu bisa gunakan tumbler dengan bahan stainless steel atau aluminium yang bisa meminimalisir tumbuhnya bakteri.

  1. Mengandung bahan kimia yang berbahaya

Selanjutnya bahaya dari menggunakan botol plastik yaitu mengandung bahan kimia yang berbahaya. Salah satu zat yang bisa ditemukan pada botol plastik yaitu Phthalates. Zat ini biasanya ditambahkan pada botol plastik yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

  1. Adanya Kandungan arsenik

Bahaya yang tidak kalah penting kamu perlu waspadai yaitu adanya kandungan bahan arsenik pada botol plastik. Tentu meminum air dalam botol plastik sekali tidak akan begitu mengundang bahaya akan tetapi, apabila kamu sering mengkonsumsi cairan menggunakan botol plastik secara terus menerus, hal ini bisa menimbulkan beberapa resiko terkena penyakit mulai dari kardiovaskular, kanker, memicu menurunkan IQ dan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Botol plastik berbahaya bagi Lingkungan

Bahaya selanjutnya yaitu botol plastik sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar, karena bahan yang tidak mudah terurai ini menimbulkan tumpukan sampah dan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Walaupun sudah banyak cara daur ulang pada botol plastik, akan tetapi jika penanganan yang dilakukan saat proses daur ulang tidak baik dan benar. Maka sampah botol plastik bisa sulit terurai atau membutuhkan waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa bahaya menggunakan botol plastik bagi kesehatan, dengan mulai dari kesadaran diri sendiri akan bahaya yang akan timbul dari menggunakan botol plastik adalah salah satu tahap yang perlu dilakukan setiap orang.


Adapun solusi yang bisa kamu lakukan, mulai dari menggunakan tumbler sebagai pengganti botol plastik sekali pakai. Untuk mendapatkan tumbler dengan berbagai jenis kamu bisa menemukannya di toko aguscustom. Yuk cek tokonya sekarang untuk mendapatkan solusi yang tepat dan menemukan tumbler sesuai kebutuhanmu.***