Mengenal Definisi dan Manfaat Metode Custom Print UV

sumber foto: pexels-tima-miroshnichenko

Penggunaan tumbler yang kini semakin meningkat membuat banyak perusahaan semakin berkembang bahkan muncul banyak produsen baru yang ikut serta membuat produk tumbler. Tentu hal ini salah satu manfaat dari penggunaan tumbler yang tidak hanya menguntungkan individu akan tetapi juga berdampak pada lingkungan sekitar.

Dengan munculnya banyak produsen yang memproduksi tumbler, banyak pula metode custom yang dipakai dalam membantu produksi. Ada beberapa jenis metode custom yang biasa digunakan pada tumbler. Diantaranya yaitu ada metode custom sablon, grafika, printing atau yang lebih sering disebut dengan print UV.

Nah untuk setiap metode tentunya memiliki manfaat, kelebihan masing-masing. Untuk itu kali ini akan dibagikan apa itu definisi dari print UV dan manfaat yang bisa didapatkan menggunakan metode printing atau print UV ini.




Definisi dan Manfaat Metode Custom Print UV

Untuk mengetahui apa itu print UV dan manfaat menggunakan metode custom ini berikut penjelasan yang perlu kamu simak:

Apa Itu Metode Custom Print UV?

UV merupakan singkatan dari Ultra Violet, yaitu sinar uv khusus yang mempunyai panjang gelombang 100-400 nm. Bisa disimpulkan, print UV adalah suatu alat mesin cetak yang menggunakan atau memanfaatkan dari sinar ultraviolet atau UV.

Apa Manfaat Metode Custom Print UV?

Banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari metode custom print UV ini, berikut ini beberapa manfaat yang ada pada metode custom print UV:

  1. Dapat Mencetak Pada Media yang Luas

Manfaat pertama yang bisa dapat dari Print UV yaitu bisa mencetak pada media yang luas. Tidak hanya digunakan pada tumbler saja, metode custom print UV juga bisa dipakai untuk media yang lebih luas seperti banner. Selain itu kemampuan mesin cetak yang bisa menempel pada media apapun membuat metode custom ini menarik untuk digunakan.

Untuk daya rekat media juga luas dan bisa menempel pada bahan apapun tanpa merubah kualitasnya. Warna yang dihasilkan menggunakan print UV juga tetap cerah dan tajam. Banyak produk yang biasanya menggunakan metode custom ini seperti banner, gelas, tumbler, kertas, alumunium dan lainnya.

  1. Dapat Mencetak Produk dalam Jumlah Banyak

Manfaat kedua yaitu mampu membuat produk cetak dalam jumlah yang banyak. Bahkan mesin ini bisa hidup dan mati dengan cepat. Berbeda dengan mesin cetak lain yang membutuhkan waktu sampai mesin siap untuk bekerja dari sejak diaktifkan.

Sementara mesin print UV ini dapat digunakan begitu dihidupkan. Tidak akan memberikan dampak pada hasil cetakan. Proses merekatkan cetakan pada media juga berlangsung cukup cepat dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Oleh sebab itu dalam satu kali produksi bisa menghasilkan banyak produk.

  1. Warna Menjadi lebih Cerah dan Tahan Lama

Manfaat selanjutnya adalah warna menjadi cerah dan tahan lama. Tentu hal ini cukup menarik dan sangat pas untuk dipilih dalam produksi percetakan. Oleh sebab itu, perusahaan lebih sering menggunakan metode print UV karena terjamin lebih unggul dibanding menggunakan cetak konvensional.

  1. Menghemat Biaya

Manfaat terakhir yang tidak kalah menguntungkan yaitu bisa menghemat pengeluaran. Karena metode Print ultraviolet yang memanfaatkan sinar dari lampu LED tidak menguras banyak energi. Berbeda  dengan penggunaan lampu merkuri dengan biaya listrik yang lebih besar. Oleh sebab itu, penggunaan lampu LED akan membantu menghemat biaya listrik produksi.

Tidak hanya hemat energi, bahan ultraviolet juga ramah lingkungan. Sebab tidak seperti penggunaan bahan merkuri yang memerlukan biaya atau harga tambahan untuk pengelolaan limbah.


Nah itulah definisi dan manfaat dari print UV, salah satu metode custom yang juga digunakan juga pada tumbler. Jangan khawatir di toko aguscustom juga ada beberapa produk yang menggunakan metode ini. Yuk langsung cek dan pesan sekarang juga.***