Cara Mencuci Tumbler Stainless Baru

Jika Anda membeli tumbler stainless, Anda perlu mencucinya untuk menghilangkan bau bahan baku minuman tersebut. Bukan hanya menghilangkan bau, tapi juga menghilangkan bakteri yang bisa hidup di dalamnya.

Terkadang peralatan minum yang terbuat dari baja tahan karat memberi minuman rasa logam. Hal ini tentunya akan mengurangi kenikmatan minum minuman favorit lainnya.

Selain untuk menghilangkan bau dan rasa tidak enak, tujuan mencuci tumbler stainless baru adalah untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel di permukaan luarnya, karena tumbler stainless yang dijual eceran pasti sudah sering disentuh oleh banyak orang.




Bagaimana Cara Mencuci Tumbler Stainless?

  1. Merendam di Air Panas

Langkah pertama untuk mencuci tumbler stainless baru adalah merendamnya dalam air panas. Anda bisa merendamnya di baskom atau wadah lain yang bisa digunakan untuk merendam tumbler.

Jangan lupa buka tutup tumbler kemudian pastikan bagian dalam terkena air panas. Berapa lama tumbler harus direndam? Anda bisa merendamnya hingga suhu air kembali normal.

  1. Bersihkan dengan Sikat Botol

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan ialah menyikat tumbler dengan sikat botol khusus. Jika tidak ada, Anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi bekas yang bersih.

Jangan lupa tambahkan sabun cuci piring ketika menyikat supaya kotoran dapat terangkat, bisa juga menggunakan baking soda yang sifatnya seperti lulur. Kemudian bilas tumbler stainless hingga bersih. Jangan hanya menyikat bagian dalam tumbler.

  1. Cuci dengan Detergen

Jika bau logam masih menyengat, coba cuci dengan deterjen. Caranya, masukkan sedikit detergen ke dalam tumbler stainless, tambahkan air sedikit supaya terendam. Tutup dengan rapat, goyangkan tumbler ke atas dan ke bawah selama 30 detik sampai 1 menit. Lalu buang air detergennya, bilas sampai bersih.

  1. Keringkan dengan kain bersih

Jika sudah menerapkan semua cara di atas, keringkan bagian luir, dalam dan tutup tumbler dengan kain bersih yang tidak berbau.

Jika Anda menggunakan pakaian bekas yang sudah lama tidak dipakai, pastikan pakaian tersebut tidak berbau apek atau mengeluarkan bau tak sedap lainnya. Jika Anda menggunakan kain bersih namun berbau apek untuk mengeringkan tumbler stainless. Maka bau pada kain bisa menempel pada tumbler.