Inilah Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel yang Bisa Kamu Coba

sumber foto: zeropromosi/ pixabay.com 

Banyak alat-alat kebutuhan sehari yang terbuat dari bahan stainless steel. Hal ini karena bahan tersebut memiliki kelebihan bisa awet dan tahan akan suhu. Akan tetapi, ada juga kekurangan dari bahan stainless steel ini yaitu salah satu diantaranya terjadinya korosi atau karatan.

Tentu banyak hal yang menyebabkan terjadinya korosi pada bahan stainless steel ini. Untuk itu kamu perlu memperhatikan apa saja penyebab yang mungkin bisa terjadi bahan stainless steel mengalami korosi atau karatan.

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir dengan adanya korosi pada bahan stainless steel ini. Karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karat pada alat-alat berbahan stainless steel ini.




Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel

Simak beberapa cara menghilangkan karat yang ada pada alat-alat yang berbahan stainless steel berikut ini:

  1. Menggunakan Uap Panas

Urutan pertama cara menghilangkan karat pada bahan stainless steel yaitu dengan menggunakan uap panas yang bisa kamu dapatkan dari air mendidih. Dengan memanfaatkan uap panas, karat pada bagian stainless steel pun bisa dibersihkan dengan gampang.

Caranya kamu cukup menyiapkan air mendidih dan juga kain microfiber. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan letakkan kain microfiber di atas bagian stainless steel yang berkarat. Selanjutnya, tuangkan secukupnya air mendidih pada bagian atas kain untuk membasahinya. Tunggu uap bekerja kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Kemudian setelah bagian stainless steel mendingin, perlahan gosok permukaan memakai kain dengan gerakan mengikuti arah serat.

  1. Memanfaatkan Soda Kue atau Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan karat pada stainless steel yang kedua, yaitu dengan memanfaatkan soda kue atau busa juga dengan sabun cuci piring. Soda kue dan sabun cuci piring terbukti bisa dipakai sebagai pembersih peralatan dapur yang gampang dan memang ampuh.

Soda kue merupakan bahan abrasif yang cukup halus yang tidak mungkin menggores bahan stainless steel secara serius. Oleh sebab itu, peralatan dapur yang terbuat dari bahan stainless steel ini tetap akan terlihat bagus dan awet.

Untuk menghilangkan karat pada stainless steel, caranya yaitu dengan oleskan campuran soda kue dan juga sabun cuci piring cair ke kain lembut, dan gosokkan pada bagian noda, lakukan dengan maju mundur searah sesuai serat logam.

Apabaila noda karat telah benar-benar hilang, jangan lupa bilas bagian stainless steel memakai air dan keringkan menggunakan kain bersih.

  1. Cuka

Cuka menjadi bahan selanjutnya yang mudah dipilih dan dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan karat pada bahan stainless steel. Kamu dapat menghilangkan noda karat pada stainless steel yaitu dengan cara menuangkan secukupnya cuka putih atau cuka sari apel ke bagian yang berkarat.

Tunggu terlebih dahulu selama beberapa menit, asam lembut dalam cuka bisa mengangkat noda atau karat. Gosok bagian yang berkarat tersebut menggunakan kain lembut, mengikuti serat bahannya. Jangan lupa bilas sampai bersih dan juga keringkan bagiannya dengan kain lap bersih.


Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karat yang ada pada stainless steel. Nah salah satu tumbler kini juga hadir dengan bahan stainless steel ini. Jadi, untuk kamu yang mengalami tumbler berkarat kamu juga bisa lakukan cara-cara diatas.

Untuk kamu yang masih bingung menemukan tumbler dengan desain yang bisa custom, toko aguscustom bisa menjadi pilihan yang pas. Yuk langsung cek tokonya untuk mengetahui secara lengkapnya.***