Inilah Definisi Dehidrasi dan Cara Mengatasinya yang Perlu Kamu Ketahui

sumber foto: pexels.com-lisa-fotios

Kebutuhan yang tidak bisa dihindari dan perlu dipenuhi yaitu cairan. Dengan kekurangan cairan pada tubuh bisa menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu penyebab kekurangan cairan yaitu tubuh bisa mengalami dehidrasi. Dimana tubuh kekurangan cairan yang semestinya dibutuhkan.

Banyak penyebab yang bisa terjadi adanya dehidrasi yaitu diare, muntah,  berkeringat bahkan diabetes. Adapun gejala yang bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Gejala ini sendiri dibagi menjadi dua, gejala ringan dan berat.

Adapun gejala ringan yang menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yaitu mulut kering, lesu, haus yang meningkat dan lainnya. Sedangkan gejala berat bisa dilihat dari demam, haus yang berlebihan, jantung yang berdetak secara cepat dan lain sebagainya.

Nah untuk lebih mengetahui secara jelas, berikut ini pengertian dari dehidrasi yang  perlu kamu ketahui:




Definisi Dehidrasi

Dehidrasi yaitu situasi atau kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Apabila hal ini terjadi, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Akibat lainnya yang bisa kamu rasakan saat dehidrasi yaitu kepala terasa pusing, badan terasa lemas, lesu dan lainnya.

Adapun cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari gangguan dehidrasi.

Cara Mengatasi Dehidrasi

Saat kamu mengalami dehidrasi, ada beberapa cara yang bisa kami lakukan untuk efek dan mengatasi dehidrasi. Berikut cara-caranya:

  1. Rehidrasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dehidrasi yaitu dengan cara rehidrasi. Apabila kamu sudah merasakan gejala dehidrasi bisa segera dengan minum air putih sebanyak mungkin. Contohnya apabila kamu sedang mengalami diare atau muntah segera pulihkan dengan banyak minum air putih, karena hal ini bisa mengembalikan tubuh kekurangan cairan.

Selain dengan memperbanyak minum air putih kamu juga bisa minum cairan yang mengandung elektrolit untuk mengganti cairan yang telah hilang. Cairan elektrolit bisa dengan mudah kamu temukan di toko atau apotik terdekat. Apabila kamu kesulitan menemukannya, kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Cara membuatnya sederhana dan mudah yaitu dengan siapkan  tujuh sendok teh gula pasir, setengah sendok teh garam, dan 1 liter air. Kemudian, ketiga bahan tersebut diaduk secara bersamaan.

  1. Mengurangi Konsumsi Kafein dan Minuman Manis

Kafein dan minuman manis bisa menyebabkan dehidrasi dalam tubuh kamu semakin parah. Oleh sebab itu, orang yang sedang mengalami dehidrasi sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari minuman yang mengandung kafein contohnya seperti kopi, teh, soda dan lainnya. Konsumsi alkohol juga perlu dikurangi, sebab dampaknya kurang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Mengkonsumsi Obat-Obatan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan selain mengganti cairan yang telah hilang, dehidrasi juga bisa diatasi dengan meminum obat yang sesuai. Contohnya, ketika kamu mengalami dehidrasi karena diare, beli obat anti diare supaya cairan yang keluar dari tubuh dapat dikurangi.


Itulah definisi dari dehidrasi sekaligus cara mengatasinya, selain cara-cara yang telah diulas diatas. Kamu juga bisa mengatasi dehidrasi dengan membawa tumbler sebagai upaya rehidrasi atau memperbanyak minum. Dengan membawa tumbler kamu akan lebih banyak  minum air putih dan secara otomatis tubuh tidak akan kekurangan cairan.

Nah bagi kamu yang belum memiliki tumbler, kamu bisa membelinya di toko aguscustom. Banyak pilihan yang bisa kamu beli. Yuk langsung cek tokonya sekarang juga.***