Inilah Perbedaan antara Tumbler dengan Termos yang Jarang Orang Ketahui

sumber foto: freepik.com/protein shaker cup sports

Penggunaan tumbler di masyarakat kini kian meluas bahkan sudah menjadi salah satu gaya hidup. Tentu hal ini menjadi kabar baik pasalnya dengan menggunakan tumbler artinya kesadaran masyarakat dalam mengurangi sampah botol plastik semakin meningkat.

Dengan meningkatnya penggunaan tumbler tentu juga menjadi salah satu peluang para pengusaha dan kini dibuktikan dengan banyaknya jenis tumbler yang  bisa ditemukan. Mulai dari bahan yang beragam, ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan banyak lagi pilihan jenis tumbler.

Selain tumbler, tempat minum yang biasa orang gunakan yaitu ada termos. Banyak orang mengira termos dan tumbler adalah barang yang sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan bahkan sangat jauh berbeda. Untuk itu, kali ini akan dibahas beberapa perbedaan yang ada pada tumbler dan termos.




Perbedaan antara Tumbler dan Termos yang Jarang Diketahui

Simak beberapa perbedaan antara tumbler dan termos yang masih orang belum ketahui berikut ini:

  1. Asal Usul yang Berbeda

Tumbler dan termos mempunyai asal usul yang berbeda dimana awal mula istilah tumbler muncul pada abad ke 17. Awalnya tumbler bukanlah tempat penyimpanan air umumnya digunakan sekarang, awalnya tumbler merupakan sebutan untuk gelas yang bagian bawahnya itu cembung yang mengharuskan gelas dipegang terus menerus. Apabila tidak dipegang maka gelas akan terguling.

Sedangkan termos sendiri muncul pada tahun 1892 yang diciptakan oleh seorang ilmuwan asal Skotlandia. Mulanya dia membuat termos untuk menyimpan susu anaknya yang harus tetap hangat supaya kualitasnya bagus ketika diminum.

  1. Berbeda pada Fungsinya

Perbedaan selanjutnya antara tumbler dengan termos yaitu pada fungsinya. Untuk tumbler sendiri  dibuat khusus untuk penggunaan yang lebih praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana dan tidak perlu membutuhkan tempat yang besar.

Sedangkan termos biasanya dibuat dengan ukuran yang lebih besar karena umumnya termos lebih diutamakan untuk menyimpan air panas dengan jumlah yang banyak sehingga sulit untuk dibawa kemana-mana.

  1. Bahan dan Daya Tahan Suhu yang Berbeda

Berikutnya yang membedakan tumbler dan termos yaitu pada bahannya. Bahan yang umumnya digunakan untuk membuat tumbler lebih beragam dibanding termos. Biasanya tumbler ada yang terbuat dari bahan plastik, alumunium, keramik, akrilik bahkan stainless.

Sedangkan untuk termos sering menggunakan bahan stainless tebal dengan ruang kosong atau kedap udara yang mampu menjaga suhu air di dalamnya tetap terjaga sampai lebih dari 12 jam bahkan sampai puluhan jam. Ukurannya yang cukup besar juga lebih memungkinakan lebih banyak menyimpan air panas menggunakan termos.

Berbeda dengan kamu yang mau simpan air panas tapi bisa dibawa kemana-mana kini bisa pakai tumbler yang terbuat dari bahan stainless dengan fitur vacuum flask kedap udara seperti termos. Hanya saja untuk daya tahan tumbler tidak seperti termos, suhu air yang disimpan dalam tumbler bisa tahan sekitar 6-8 jam saja.

  1. Berbeda pada Harga

Untuk tumbler sendiri biasanya dijual dengan harga yang lebih murah tergantung dengan bahan, ukuran dan desain tumbler yang dipilih. Untuk umumnya tumbler dijual dengan harga mulai dari belasan sampai ratusan ribu. Sedangnya untuk termos dijual dengan harga yang lebih tinggi mulai dari puluhan sampai ratusan ribu.


Nah itulah perbedaan antara tumbler dan termos yang mungkin saja baru kamu ketahui. Sangat berbeda bukan? untuk kamu yang bingung mendapatkan tumbler dengan kualitas yang baik dengan harga terjangkau kamu bisa mengeceknya di toko aguscustom. Yuk cek sekarang juga.***