Kenali Inilah Jenis Bahan Botol yang Aman untuk Dipakai Berulang Kali

sumber foto: unsplash.com/sj

Salah satu kekhawatiran saat menggunakan botol minum yaitu keamanan pada bahan yang dibuat untuk botol tersebut. Oleh karena itu sebelum menggunakan botol minum perlu mengecek bahan yang dipakai botol tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan sebelum memilih botol dengan memastikan bahan tersebut apakah aman digunakan atau tidak. Salah satunya yaitu dengan cara memeriksa label BPA Free yang biasanya tercantum pada botol tersebut.

Nah, selain memeriksa label ada juga cara-cara lain. Diantaranya yaitu mengetahui material atau bahan yang digunakan dalam pembuatan botol tersebut. Oleh karena itu, kali ini akan dibagikan beberapa bahan botol minum yang aman untuk dipakai berkali-kali yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli botol minum.




Jenis Bahan Botol Minum yang Aman Dipakai Berkali-kali

Simak beberapa jenis bahan botol minum yang aman untuk dipakai berkali-kali dan bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilih botol minum:

  1. Bahan LDPE (Low-Density Polyethylene)

Bahan botol pertama yang aman untuk dipakai berkali-kali yaitu bahan LDPE atau low density polyethylene. Banyak yang menganggap bahwa botol yang berbahan plastik berbahaya dan tidak aman untuk dipakai.

Akan tetapi botol minum yang terbuat dari LDPE (Low-Density Polyethylene) atau jenis plastik yang tahan terhadap senyawa kimia, cenderung tembus pandang, namun bahannya masih termasuk kuat dan biasanya digunakan untuk kemasan botol minum.

  1. Bahan Stainless Steel

Bahan selanjutnya yang aman untuk dipakai berulang kali pada botol minum yaitu bahan stainles stell. Selain terkenal dengan bahan yang sifatnya tahan panas, stainless steel juga menjadi pilihan yang tepat karena termasuk bahan yang kuat. Jadi seringkali botol dengan bahan stainless dipakai untuk botol atau tumbler sport.

  1. Bahan Kaca

Bahan selanjutnya yang aman untuk dipakai berulang kali yaitu botol dengan bahan kaca. Karena terbuat dari bahan alami, para ahli mengatakan bahwa tidak ada bahaya bahan kimia anorganik yang larut ke dalam cairan ketika terjadi perubahan suhu.

Hanya saja, botol dengan bahan kaca tidak menawarkan manfaat isolasi yang sama seperti baja tahan karat dan kemungkinan untuk pecah lebih besar. Selain itu, kaca tidak fleksibel untuk dibawa ke luar rumah karena sifatnya yang berat.

  1. Bahan Tritan

 Selanjutnya ada botol dengan bahan tritan, sedikit asing memang namanya akan tetapi sudah terbukti kualitas untuk dipakai sebagai bahan botol. Bahkan sifatnya yang mirip plastik akan tetapi bening seperti kaca membuat botol minuman unik ini jadi incaran banyak orang, apalagi nggak tidak untuk tergores atau pecah kalau jatuh.

  1. Botol minum berlabel BPA free

Kemudian yang terakhir saat kamu memilih botol minum pastikan botol yang kamu pilih berlabelkan BPA free. BPA free merupakan yang menandakan bahwa produk yang kamu gunakan bebas dari zat kimia bernama bisphenol-A. Zat ini sering ditemukan pada produk plastik polikarbonat, seperti pada botol minum dan botol susu bayi, dan resin epoksi, serta pada makanan kaleng supaya wadah tersebut lebih tahan lama dan tidak bocor.


Nah itulah beberapa bahan yang aman pada botol minuman atau tumbler yang bisa digunakan berulang-kali. Untuk itu pastikan perhatikan bahan botol minum atau tumbler yang akan kamu pilih sebelumnya. Bagi kamu yang kesulitan mencari tumbler yang menarik, unik dan tentunya berkualitas jangan bingung, cek sekarang juga di toko aguscustom.***